Dua Pilar Bagi PELAYANAN PRIMA

 

Dua Pilar Bagi PELAYANAN PRIMA

Heriansyah, yang biasa dipanggil pa Heri. Beliau adalah karyawan yayasan Teratai Putih Global yang sudah cukup lama mengabdi di lembaga kita ini. Salah satu pengalaman terbaik beliau yang tidak terlupakan adalah pada tahun 1997, dimana beliau mendapatkan kesempatan ke negari sakura Jepang untuk belajar langsung pelayanan prima dari budaya hidup orang (negara) Asia terbaik tersebut.

Bagi beliau untuk memujudkan pelayanan prima membutuhkan dua pilar penting yaitu Pertama etika yang meliputi 5S (Senyum, Salam Sapa, Sopan & Santun) dan PIPP (Professional, Integritas, Peduli, Pembelajar), Kedua estetika dengan menguatkan pada 5K (Kebersihan, Keamanan, Keindahan, Ketertiban, & Kenyamanan) dan Keserasian uniform. Kedua pilar tersebut didasari oleh Pondasi kuat dari 5R (Ringkas Rapi Resik Rawat & Rajin)

Mari coba kita eksplore ide pa Heri ini. Etika 5S yang jika diimplemetasikan maka kita akan merasakan senyuman dari seluruh stakeholder sekolah Teratai Putih Global, ucapan salam, saling menyapa, berprilaku sopan dan santun, serta kuat dengan tata nilai kita yatu PIPP professional, integritas, peduli, pembelajar.

Kemudian estetika lembaga kita juga sangat kentara dengan terwujudnya 5K. Kebersihan dengan tanpa melihat sampah sedikitpun di area hampir 10 hektar ini, keamanan tidak hanya dari kehilangan tapi juga aman dari bullying, keindahan dengan taman ada dimana mana, ketertiban saat memparkirkan kendaraan, kenyamanan pejalan kaki tanpa ketakutan tertabrak dan seterusnya.

Sementara langkah awal yang menjadi pondasi adalah karakter diri kita yang 5R. Ringkas dalam mengatur barang kita, rapi meletakkannya, resik yang tidak terlihat kumuh, selalu merawat fasilitas yang ada, dan tentu rajin tidak pemalas.

Jika semangat ini ada dalam diri kita dan berefek pada budaya lembaga maka pelayanan prima akan berjalan baik.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer