Mengenal SWOT di SD Islam Teratai Putih Global

Rutin di setiap Selasa pukul 07.45 hingga sekitar 09.00 pimpinan SD (sekitar 15 orang), mengadakan pelatihan minimal satu bulan sekali, yang untuk Selasa tanggal 12 Nopember 2019 materi pelatihannya tentang SWOT (Strength Weakness, Opportunity Threats).

Model manajemen SWOT ini merupakan salah satu cara untuk menganalisis posisi kompetitif suatu sekolah. Demikian ungkap Dr. Supangat selalu trainernya materi tersebut. Lebih lanjut beliau menerangkan Matriks SWOT bisa dijadikan alat dalam memetakan potensi dan kekurangan sekolah untuk membantu para pengambil keputusan dalam mengembangkan empat jenis strategi, yaitu Strategi SO (kekuatan-peluang), Strategi WO (kelemahan-peluang), Strategi ST (kekuatan-ancaman) dan Strategi WT (kelemahan-ancaman).

Jika sebuah sekolah memiliki kelemahan yang besar, maka sekolah akan berjuang untuk mengatasinya dan mengubahnya menjadi kekuatan. Ketika sekolah organisasi dihadapkan pada ancaman yang besar, maka sekolah akan berusaha untuk menghindarinya untuk berkonsentrasi pada peluang.

Strategi SO adalah strategi agresif karena kekuatan dan peluang bersatu dalam organisasi. Inilah kondisi yang diimpikan oleh organisasi lembaga sekolah manapun di dunia ini.

Strategi WO bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan cara mengambil keuntungan dari peluang eksternal. Kadang, peluang-peluang besar muncul, tetapi sekolah memiliki kelemahan internal yang menghalanginya memanfaatkan peluang tersebut.

Strategi ST menggunakan kekuatan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal. Hal ini bukan berarti bahwa suatu sekolah yang kuat harus selalu menghadapi ancaman secara langsung di dalam lingkungan eksternal.

Strategi WT merupakan taktik defensif yang diarahkan untuk mengurangi kelemahan internal serta menghindari ancaman eksternal. Sebuah sekolah yang menghadapi berbagai ancaman eksternal dan kelemahan internal benar-benar dalam posisi yang membahayakan. Dalam kenyataannya, sekolah semacam itu mungkin harus berjuang untuk bertahan hidup, melakukan merger, penciutan, atau memilih likuidasi.

Semoga pelatihan ini memberikan manfaat bagi unit terbesar di lingkungan Yayasan Teratai Putih Global ini.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer