SHALAT GERHANA MATAHARI

 

SHALAT GERHANA MATAHARI

Tepat disaat sangat teriknya matahari sekitar pukul dua belas lebih, setelah sholat dhuhur berjamaah, pada Kamis tanggal 26 Desember 2019.

Sekolah Teratai Putih Global mengadakan kegiatan sholat Gerhana Matahari (Kusuf)  yang diadakan di Masjid Raya Al-Muhajirin.

Kegiatan sholat ini diikuti oleh seluruh karyawan sekolah Teratai Putih Global (TPG), orang tua dan masyarakat, dengan Imam Ust. Ibnu Umar yang dengan merdu membaca surat Al Baqorah dari ayat satu hingga enam puluh tiga. Sementara untuk Khatib disampaikan oleh Ust. DR Supangat Rohani, MA, yang dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa selain melakukan sholat juga dianjurkan untuk perbanyak baca istighfar, takbir & Sadaqah juga amal shaleh lainnya.

Salah satu alasan mengapa perlu memperbanyak istighfar adalah Pertama kejadian gerhana ini sangat terkait dengan ketauhidan. Karena hampir semua kemusyrikan dihubungkan dengan kejadian alam, bagaimana Animisme, dinamisme, dan kepercayaan musyrikin lainnya, meyakini bahwa alam menjadi sesembahan mereka untuk itulah maka istighfarlah, agar kita tidak terjerumus dalam kerusakan tauhid karena kejadian alam ini.

Kedua terkait dengan semua ibadah amaliyah yang pasti berhubungan dengan alam, misalnya Shalat yang waktunya ditentukan oleh kondisi alam (maghrib harus dilaksanakan setelah matahari terbenam, dst) demikianpun puasa yang diawali dari terbitnya fajar, haji, umrah, berqurban. Lalu bagaimana beribadah sesuai apa yang Rasullullah contohkan? Disinilah yang perlu kita tekankan.

Kesimpulannya, bahwa gerhana matahari ini sangat terkait dengan ketauhidan kita kepada Allah dan ibadah kita yang seseuai apa yang nabi Muhammad ajarkan. Wallahu a’lam bishshowab.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer